INFONASIONAL.com | Otomotif - World Superbike (WSBK) 'mencoret' nama Indonesia dari kalender sementara musim 2024. Dalam kalender sementara WSBK 2024 yang dirilis kemarin, tidak tercantum jadwal balapan di Sirkuit Pertamina Mandalika tahun depan.
Sesuai kalender sementara itu, WSBK 2024 akan berlangsung selama 12 seri. Namun, kebanyakan balapan berlangsung di Eropa. Hanya Australia satu-satunya tuan rumah WSBK 2024 di luar Eropa sesuai kalender sementara itu.

Sementara Indonesia yang sudah tiga kali menggelar WSBK di Sirkuit Mandalika sejak 2021 pun tak terdaftar. Sebelumnya, muncul pernyataan bahwa WSBK Mandalika bikin rugi.

Untuk memulihkan kondisi merugi itu, Holding BUMN Industri Aviasi dan Pariwisata Indonesia InJourney berencana untuk menghapus WSBK dalam kalender balap di Mandalika.

"Kerugian terbesar itu dari WSBK bukan dari MotoGP. MotoGP dia bisa melakukan biaya operasionalnya tertutup. Tapi yang WSBK ini dia menunjukkan kerugian," kata Direktur Utama InJourney Dony Oskaria dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR, Juni lalu.

Dony juga blak-blakan menyebut bahwa ajang WSBK tidak menarik. Ajang balap motor superbike itu sulit mendapatkan sponsor untuk menutup kerugian.

"Sehingga apa yang kami lakukan, yang kami lakukan adalah melakukan negosiasi untuk menghilangkan WSBK ini. Sehingga WSBK turun dan tidak memunculkan biaya penyelenggaraan WSBK, eventnya juga tidak menarik secara sponsorship," tutur Dony saat itu.

Di sisi lain, MotoGP Mandalika kemungkinan tetap berlanjut tahun 2024. Indonesia sudah masuk ke dalam kalender sementara MotoGP musim 2024.

Dalam siaran persnya, MtoGP 2024 terdapat 22 race dan 18 negara berbeda. Balapan akan dimulai di Sirkuit Internasional Losail, Qatar pada 8 Maret - 10 Maret 2024.

Balapan di wilayah Asia akan dimulai sejak MotoGP India pada 20-22 September 2024. Setelah balapan di India, MotoGP tidak langsung ke Jepang, melainkan ke Indonesia dulu.

MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika digelar pada bulan September alias menjadi seri ke-17 MotoGP 2024. Race MotoGP di Indonesia akan diselenggarakan pada 27-29 September atau bergeser lebih maju dibandingkan tahun ini yang diadakan pada Oktober.