INFONASIONAL.com | Otomotif - Suzuki Motor Corporation mengenalkan motor gede baru buat touring dalam ajang EICMA 2023 di Milan, Italia. Tampangnya gagah betul!

Sport touring dari Suzuki ini menghadirkan desain moden dengan posisi berkendara yang tegak kendati motor masih memakai kedok setengah.

Pada era depan terdapat windscreen yang menegaskan kalau motor ini merupakan motor penjelajah. Area headlampnya yang tajam bikin motor ini makin terlihat agresif.

Suzuki GSX-S1000 GX itu akan berhadapan dengan Ducati Multistrada, Yamaha Tracer 9GT+, Kawasaki Versys 1000 hingga BMW S1000XR.

GSX-S1000GX akan berhadapan dengan Ducati Multistrada, Yamaha Tracer 9GT+, Kawasaki Versys 1000 hingga BMW S1000XR. Alternatif bagi kalian yang gemar touring perjalanan jauh.

Apalagi GSX-S1000GX juga didukung oleh mesin empat silinder segaris kode K5, DOHC, berpendingin cairan, kapasitasnya 999 cc. Tidak ada angka tenaga yang dirilis tetapi jika mengambil GSX-S1000GT sebagai patokan karena memakai basis yang sama, mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga sekitar 152 PS pada 11.000 rpm dan torsi 106 Nm pada 9.250 rpm.

Hal yang menarik dari moge GSX-S1000GX ini jadi motor Suzuki pertama yang telah dilengkapi dengan Suzuki Advanced Electronic Suspension (SAES). Jadi teknologi itu bisa mengontrol secara elektronik redaman dan preload suspensi sesuai dengan kecepatan kendaraan, kondisi permukaan jalan, dan perubahan postur akibat rem.

Ada empat mode redaman yang dikontrol secara elektronik, - "H" (Hard), "M" (Medium), "S" (Soft) dan pengaturan "U" (User) yang dapat disesuaikan.

Kenyamanan motor ini juga ditunjang Suzuki Road Adaptive Stabilization (SRAS) yang unik, jadi sistem bisa mendeteksi permukaan jalan yang tidak rata dan secara otomatis mengubah besaran kontrol suspensi dengan menggabungkan SAES dengan data dari Inertial Measurement Unit (IMU) dan sumber lainnya.

Selain itu, model ini dilengkapi dengan beragam fungsi kontrol elektronik, seperti sistem SDMS-α untuk manajemen terintegrasi karakteristik tenaga, tingkat kontrol traksi, dan pengaturan redaman SAES, serta Motion Track Brake System yang dapat mengaktifkan ABS.

Perlengkapan standar dari GSX-S1000 GX ini penggunaan quickshifter dua arah dan cruise control, serta ABS cornering. Motor ini juga memiliki fitur konektivitas Bluetooth ke smartphone pengendara dan port pengisian USB di samping layar multi-fungsi TFT LCD penuh warna 6,5 inci yang menampilkan semua informasi yang diperlukan.