Pemerintah Papua Diminta Oleh IJN Untuk Lestarikan Cenderawasih

0
1216

Banyaknya binatang endemik yang diperdagangkan dan dijadikan cinderamata. Maka, Indonesian Journalist Network (IJN) atau Jaringan Jurnalis Indonesia Papua dan Papua Barat berharap pemerintah memberikan perhatian lebih untuk melindungi dan melestarikan burung cenderawasih dari kepunahan.

“Cenderawasih juga selalu menyimpan kebanggaan bagi siapa saja yang tinggal di Papua. Burung surga ini memiliki kecantikan dan keunikan yang tak dimiliki burung lain,” kata Ketua IJN Papua dan Papua Barat, Roberth Subiyat, Selasa (19/7).

Roberth menjelaskan berdasarkan data yang diperoleh terdapat dua persoalan soal burung cenderawasih di Papua. Persoalan pertama yang utama ialah tentang populasi yang terus menurun. Sedangkan persoalan lain berkaitan dengan pengakuan adat.

Selain itu, Robert juga mengusulkan cara untuk melestarikan burung cenderawasih dengan melahirkan Peraturan Kampung.

Peraturan ini berisi larangan secara tegas tentang segala bentuk perburuan terhadap hewan endemik Pulau Papua yang dilindungi termasuk burung cenderawasih.

“Ini sudah diterapkan beberapa wilayah mulai dari Distrik Nimbokrang, Distrik Depapre, maupun Kampung Puay, Kabupaten Jayapura, termasuk beberapa kampung di Kabupaten Yapen,” katanya.

Lebih lanjut,ia juga berharap pemerintah melokalisir kawasan habitat Cenderawasih menjadi kawasan eko tourism yang tetap mendatangkan pendapatanbagi masyarakat.

Tak hanya itu, ia juga meminta masyarakat sekitar khususnya untuk memiliki rasa kepedulian untuk menjaga dan membiarkan burung Cenderawasih hidup bebas.

“Orang luar atau wisatawan yang ingin melihat burung cenderawasih harus menyewa pemandu wisata untuk menikmati atau melihat langsung burung ini,” ujar dia.

Sebagai informasi, Cenderawasih merupakan nama umum bagi burung dengan bulu indah dan perilaku mengagumkan ini.

Secara taksonomi, cenderawasih ada di ordo Passiformes, famili Paradisaeidae, dengan 13 genus dan 30-43 spesies.

Dari 30 spesies, 28 di antara mereka ada di Pulau Papua. Contohnya adalah cenderawasih kuning kecil (Paradisaea minor) yang paling terkenal itu, cenderawasih merah (Paradisaea rubra), cenderawasih lawesii (Parotia lawessii), dan cenderawasih wilson (Cicinnurus respublica). (jjo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × four =