INFONASIONAL.com | Pemilu - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI-P Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin berpose salam metal atau tiga jari sebagai tanda persahabatan dengan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri. Hal tersebut disampaikan Hasto usai ditanya wartawan mengapa Maruf Amin juga ikut berpose salam metal saat menghadiri HUT ke-51 PDI-P hari ini di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (10/1/2024). Sebagaimana diketahui, Maruf Amin bukan kader PDI-P dan hadir mewakili pemerintah yang seharusnya netral.

"Ini kan persahabatan antara Kiai Haji Maruf Amin dan Ibu Mega ini kan sangat dalam, bahkan kedua pemimpin sering berdialog," kata Hasto saat ditemui usai acara HUT PDI-P, Rabu.

Hasto mengatakan, baik Maruf dan Megawati juga memiliki karakter spiritual yang tidak jauh berbeda. Oleh sebab itu, menurut Hasto, kedekatan keduanya ditunjukkan lewat pose salam tiga jari Maruf Amin. Di lain sisi, Maruf Amin juga dinilai memberikan semangat dan warna dalam peringatan HUT ke-51 PDI-P.

"Sehingga tentu saja karena ini ulang tahun PDI Perjuangan, suasana kebatinan itu juga ikut berbicara," ujar Hasto. "Tentu saja kami sejak awal mengatakan bahwa kehadiran Bapak Kiai Haji Maruf Amin telah memberikan spirit dan warna di dalam peringatan ulang tahun ke 51 ini," katanya lagi.

Diberitakan sebelumnya, salah satu momen menarik saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 PDI-P adalah pose salam metal dari Wapres Maruf Amin. Maruf Amin yang turut hadir juga mendapatkan potongan tumpeng pertama yang diberikan oleh Megawati Soekarnoputri. Tumpeng itu diberikan Megawati setelah dirinya, Ma'ruf Amun dan calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo, selesai menyampaikan pidato pada momen HUT PDI-P.

Semua berawal saat Megawati diminta naik ke atas panggung. Ia kemudian naik didampingi oleh Ma'ruf Amin, Ganjar, Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Mardiono, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, serta perwakilan Partai Hanura, Benny Rhamdani. Selain itu, dua anak Megawati, M Prananda Prabowo dan Puan Maharani, Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto, politikus PDI-P sekaligus Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid, juga turut naik ke atas panggung.

Megawati kemudian memotong tumpeng. Puan yang berdiri di sisi kanan Megawati, ikut membantunya. Usai memotong, Megawati langsung memilih lauk pauk yang berada di sekitar tumpeng untuk diletakkan di atas piring. Kemudian, Megawati menyerahkan potongan tumpeng pertamanya kepada Wapres Maruf Amin. Megawati juga memberikan makanan dari tumpeng kepada Mardiono, Hary Tanoe, Benny Rhamdani, Ganjar Pranowo hingga Arsjad Rasjid. Setelah semua diberikan makanan, mereka berfoto. Pada saat itu, Wapres bersama jajaran PDI-P yang hadir menunjukkan pose "Salam Metal" atau "Tiga Jari" yang kerap dipamerkan PDI-P.