INFONASIONAL.com | Opini Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menargetkan Jakarta akan menjadi salah satu daerah netral karbon di Indonesia pada 2060 mendatang. Salah satu upaya yang saat ini dilakukan adalah dengan menggencarkan penanaman pohon, sekaligus mendorong Jakarta menjadi kawasan rendah emisi.


“Agar dapat menjadi milestones dalam menargetkan Jakarta sebagai kawasan rendah emisi, serta tercapainya net zero emission pada tahun 2060 di Jakarta,” ujar Heru Budi di Jakarta Timur, Senin (27/11/2023).


Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta Suharini Eliawati mengatakan bahwa pihaknya mendapatkan arahan untuk menggaungkan Gerakan Jakarta Menanam. Hal ini sebagai upaya menjaga ketahanan pangan di Ibu Kota, di samping upaya penghijauan kawasan demi mewujudkan mimpi menjadi daerah netral karbon.

“Kami ingin semua elemen masyarakat terlibat, sehingga menjadi tanggung jawab bersama dalam menghijaukan Jakarta, serta menjaga ketahanan pangan tersebut,“ kata Suharini.

Untuk mewujudkan target tersebut, Heru Budi dan jajarannya melaksanakan kegiatan menanam bersama di kawasan Taman Inspeksi, Duren Sawit, Jakarta Timur. Terdapat kurang lebih 2.000 pohon yang bakal ditanam secara bertahap dalam rangka penghijauan kawasan. Kegiatan ini juga untuk menyambut Hari Menanam Pohon Indonesia yang jatuh pada 28 November 2023.

Heru Budi secara simbolis meletakkan pohon durian di lubang yang telah disiapkan. Setelah itu, dia mengambil sekop dan menutup lubang tersebut. Bersamaan dengan itu, Wali Kota Jakarta Timur M Anwar secara simbolis turut menanam pohon nangka di sisi jalan area taman.