Infonasional , Banten — Provinsi Banten yang terletak di ujung barat Pulau Jawa memiliki posisi yang sangat strategis dalam menunjang perekonomian di Indonesia.

Provinsi yang bertetangga langsung dengan DKI Jakarta, selam memiliki wilayah daratan yang cukup subur juga memiliki perairan yang cukup strategis dimana wilayah perairannya dilewati oleh salah satu choke point dunia yaitu Selat Sunda. Ribuan kapal setiap tahunnya melewati perairan di sekitar provinsi Banten, baik kapal niaga, kapal ikan, kapal survey sampai dengan kapal perang. 

Belum lagi Banten merupakan pintu masuk melalui laut bagi aktivitas penumpang dan barang yang berasal dari pulau Sumatera menuju Pulau Jawa. Keberadaan traffic separation scheme (TSS) di Selat Sunda juga semakin memperkuat arti pentingnya provinsi Banten dalam dunia kemaritiman. 

Untuk dapat menjamin lancarnya berbagai aktivitas kegiatan khusunya bidang perekonomian yang berlangsung di dan melewati perairan Banten, diperlukan adanya sinergi dan kerja sama yang baik dari pemerintah daerah dan seluruh pelaku kegiatan maritim di Provinsi Banten.

Sinergi dan kerja sama yang baik akan mendorong terciptanya kondusifitas yang secara langsung maupun tidak langsung akan menjamin pula terlaksananya kegiatan perekonomian yang stabil dan produktif. 

Mencermati hal tersebut, Panglima Komando Armada RI (Pangkoarmada RI) Laksamana Madya TNI Dr. Denih Hendrata, S.E., M M., CHRMP menginisiasi acara silaturahmi yang dikemas dalam acara buka bersama dengan mengundang Forkopimda, stake holder dan masyarakat maritim Provinsi Banten. Acara yang berlangsung di Ball Room The Royale Krakatau Hotel, Cilegon, dihadiri oleh Forkopimda TK | Banten, Forkopimda TK II Cilegon, TNI AL, Polairud, KSOP, Bea Cukai, Imigrasi, ASDP, Pelindo dan Inyasmar yang berada di wilayah Provinsi Banten. Selasa 26/4/2024.

Dalam sambutannya, Pangkoarmada RI menekankan tentang pentingnya sinergitas, komunikasi dan kerja sama yang baik dari seluruh pelaku kegiatan di laut demi terciptanya kondusifitas yang akan mendorong penguatan ekonomi maritim di Provinsi Banten. 

Sementara itu, Pj. Gubernur yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur bidang Kemasyarakatan dan SDM, Drs. M. Agus Setiawan, AW., M. Si, menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang cukup tinggi atas terselenggaranya acara ini. Selaku perwakilan pemerintah daerah, Agus berharap acara seperti ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan di masa yang akan datang.