INFONASIONAL.com | Otomotif - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akhirnya resmi meluncurkan Jimny 5 Pintu di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) yang berlangsung mulai 15 Februari 2024. Jimny 5 pintu datang sebagai pelengkap dari model 3 pintu yang sudah lebih dulu meluncur di Indonesia. Desainnya masih mengusung konsep kotak yang memang jadi ciri khas utama. Demikian juga untuk model gril depan, meski untuk 5 pintu kini diberikan sentuhan kromium.

Perbedaan paling signifikan terlihat dari dimensin. Jimny 5 pintu hadir dengan panjang 3.965 mm, lebar 1.645 mm, tinggi 1.720 mm, jarak poros roda 2.590 mm, radius putar minimal 5,7 meter, dan ground clearance 210 mm. Sebagai perbandingan, Jimny 3 pintu memiliki panjang 3.625 mm, jarak poros roda 2.250 mm, radius putar minimum 4,85 meter, serta lebar, tinggi, dan ground clearance yang sama. Masuk ke interior, suasananya masih 11-12 dengan Jimny 3 pintu yang didominasi warna serba hitam, baik door trim, dasbor, serta jok. Tatak letak dari ruang panel Jimny 5 pintu juga sama. Sebagai hiburan, terdapat head unit layar sentuh 9 inci dengan fitur smartphone connection.

Urusan kelapangan interior bagi pengendara dan penumpang pada baris pertama tak berbeda jauh. Tapi lain cerita bila masuk ke baris kedua yang ruangnya terasa lebih lapang. Kehadiran tambahan dua pintu, membuat akses penumpang makin praktis dan fleksibel karena tak perlu lagi harus melipat lebih dulu jok penumpang baris pertama. Tak hanya itu, dengan dimensi yang lebih panjang kapasitas ruang simpan atau bagasi otomatis bertambah. Totalnya mencapai 211 liter, yang membuat pengguna bisa menampung barang lebih banyak.

Sayang, meski memiliki dimensi lebih panjang tapi secara komposisi muatan penumpang ternyata Jimny 5 masih sama dengan versi 3 pintu, yakni hanya bisa menampung empat sampai lima orang saja. Hal ini karena memang pada ruang belakang tidak disediakan jok. Sehingga pada dasarnya Jimny masih mengusung konsep dua baris. Urusan dapur pacu, Jimny 5 pintu masih menggunakan mesin yang sama dengan Jimny 3 pintu serta Ertiga, yakni K15B dengan jumlah 4 silinder dan berkapasitas 1.462 cc.

Mesin tersebut mampu menyalurkan tenaga sebesar 102 Ps atau setara 100,5 Tk pada putaran 6.000 rpm serta torsi sebesar 130 Nm pada 4.000 rpm. Bicara soal kemampuan, Jimny 5 pintu tetap dilengkapi penggerak ALLGRIP Pro (4WD) dengan tiga mode berkendara yang bisa disesuaikan kebutuhan, yakni 2H untuk jalan normal, 4H medan off road, dan 4L untuk melintasi rute bebatuan, lumpur, serta medan besar lainnya.

Urusan kaki-kaki, suspensi depan dan belakang ditopang 3-link rigid axle with coil spring, serta dipadukan dengan pelek berdimensi 15 inci dan ban195/80. Menariknya, Suzuki Indonesia memasarkan Jimny 5 pintu dengan harga yang tak lebih dari Rp 500 juta, bahkan selisih tipis dengan varian 3 pintu.

Jimny 5 pintu transmisi otomatis (AT) dipasarkan Rp 475,6 juta, Jimny 5 pintu AT dual tone Rp 478,6 juta, Jimny 5 pintu manual Rp 462 juta, dan versi dual tone Rp 465 juta.