INFONASIONAL.com | Tokoh - Pemerintah Jepang menganugerahkan bintang jasa The Order of The Rising Sun periode musim gugur 2023 kepada tiga tokoh Indonesia yang berjasa memperkuat kerja sama Indonesia-Jepang. Sebagai bentuk apresiasi, Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi menyelenggarakan press briefing dan syukuran di Wisma Duta pada Rabu (8/11/2023). Tiga tokoh tersebut adalah Menteri Luar Negeri RI 2001-2009 Hassan Wirajuda yang menerima bintang jasa The Grand Cordon of the Order of the Rising Sun, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang menerima bintang jasa The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star, serta Dr Djodjok Soepardjo, Profesor Universitas Negeri Surabaya.

Dalam rilis pers yang diterima Kompas.com Rabu, Dubes Heri menyampaikan ucapan selamat kepada Hassan Wirajuda dan Basuki Hadimuljono yang hadir langsung di Wisma Duta. Turut hadir pada acara syukuran ini di antaranya Ketua Japan Indonesia Association (JAPINDA) Yasuo Fukuda, Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel, dan Wakil Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Alue Dohong.

“Ini bentuk konkret kedekatan kedua bangsa sekaligus bentuk apresiasi atas jasa dan kontribusi para tokoh ini terhadap penguatan kerja sama Indonesia dan Jepang. Penghargaan ini istimewa karena bertepatan dengan 65 tahun peringatan hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang,” ujar Heri yang didampingi Wakil Duta Besar John Tjahjanto Boestami dan sejumlah pejabat KBRI Tokyo lainnya.

 “Hari ini kita berkumpul bersama, tumpengan, bersyukur atas prestasi putra-putra terbaik bangsa dan eratnya hubungan Indonesia-Jepang” tambahnya. Hassan Wirajuda yang didampingi Ibu Bernadetta Febriana menerima bintang jasa langsung dari Kaisar Jepang Naruhito di Istana Kekaisaran Jepang. Penghargaan ini diberikan karena Pemerintah Jepang melihat Hassan Wirajuda telah meningkatkan hubungan kedua negara menjadi Kemitraan Strategis dan telah berhasil mewujudkannya.

“Saya menerima penghargaan ini langsung dari Kaisar Jepang. Kaisar sempat beribicara langsung kepada saya. Kaisar mengucapkan terima kasih atas eratnya hubungan kerja sama Indonesia-Jepang. Saya meyakini ke depannya hubungan kedua negara akan semakin luas dengan pondasi yang makin kokoh,” kata Hassan Wirajuda.

Sementara itu penghargaan bintang jasa The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star diberikan langsung Perdana Menteri Fumio Kishida kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono di Istana Kaisar Jepang. Basuki Hadimuljono dianggap berkontribusi bagi peningkatan hubungan antara Jepang dan Indonesia di bidang infrastruktur.

“Semoga penghargaan ini bisa menjadi penyemangat untuk percepatan penyelesaian kerja sama proyek-proyek infrastruktur Indonesia-Jepang” ujar Basuki Hadimuljono yang hadir didampingi Ibu Kartika Basuki.

Selain itu, pemerintah Jepang juga menganugerahkan penghargaan bintang jasa The Order of the Rising Sun, Gold Rays with Neck Ribbon kepada Prof Dr Djodjok Soepardjo, Guru Besar Universitas Negeri Surabaya. Ia dianggap berkontribusi bagi peningkatan pertukaran akademik dan saling pengertian antara Jepang dan Indonesia.
Hingga kini ada lima tokoh Indonesia penerima bintang jasa tertinggi The Grand Cordon of the Order of the Rising Sun.


Kelima tokoh Indonesia itu adalah Menteri Luar Negeri periode 1988-1999 Ali Alatas; Anggota Dewan Pertimbangan Presiden periode 2010-2014 Ginanjar Kartasasmita; Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla; Ketua DPR RI periode 1999-2004 Akbar Tanjung2022; dan Menteri Luar Negeri RI periode 2001-2009 Noer Hassan Wirajuda.