INFONASIONAL.com | Otomotif - Toyota Kijang Innova Zenix berhasil menjadi mobil terlaris di Indonesia pada Oktober 2023 usai mengalami peningkatan penjualan hingga 51 persen, mengalahkan pesaing terkuat seperti Honda Brio maupun Daihatsu Sigra. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan kendaraan keluarga kelas menengah tersebut berhasil mencapai 7.171 unit dari sebelumnya 4.748 unit. Sementara Brio yang semat memimpin pasar nasional pada September 2023 mencatatkan penjualan 6.109 unit. Angka ini tumbuh 13,8 persen secara bulanan, tapi belum mencapai performa maksimal sebagaimana semester I/2023 lalu dengan rata-rata 7.000 unit.

Adapun Toyota Avanza sebagai penguasa kendaraan roda empat atau lebih sejak pasca-pandemi Covid-19 menempati posisi ke-3 dengan total penjualan 5.278 unit. Jumlah terkait naik 32,7 persen dibanding torehan satu bulan sebelumnya. Kendati belum bisa merebut kembali takhta mobil terlaris, kondisi ini menandakan bahwa permintaan Avanza mulai berangsur normal. Mengingat sejak kuartal III/2023 lalu Toyota hanya mampu mendistribusikan sekitar 3.700-an unit Avanza tiap bulan. Selanjutnya, menutup posisi lima besar secara berurutan ditempati Daihatsu Sigra (5.078 unit) dan Toyota Calya (3.821 unit). Dengan data ini, bisa disimpulkan bahwa mobil murah masih berperan penting dalam pertumbuhan pasar serta industri otomotif.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, mengatakan, Brio bisa jadi salah satu mobil terlaris di Indonesia lantaran sesuai dengan kebutuhan pasar. Ke depannya tren mobil yang bakal digemari konsumen dalam negeri adalah mobil yang ringan dan mudah untuk dimiliki, serta ramah lingkungan. Berlanjut ke daftar mobil terlaris di Indonesia, Mitsubishi Xpander sebagai penantang dari Avanza kini hanya berhasil masuk ke posisi sembilan dengan total penjualan 1.635 unit. Sedangkan produk SUV yang juga menunjukkan pertumbuhan positif diwakili oleh Toyota Rush (2.334 unit) dan Honda HR-V (2.159 unit). Kedua produk ini masing-masing menempati peringkat ke-7 dan ke-8.

Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6