UMKM di NTB Diminta Bersiap Sambut KEK Mandalika

0
76

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) RI, A.A.G.N. Puspayoga meminta semua perangkat pemerintah di daerah ini mempersiapkan diri menyambut terbagunnya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, di Kuta, Lombok Tengah. Unsur yang tak kalah penting dipersiapkan yakni pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“NTB petensi sektor pariwisatanya besar, jangan keringlah Mandalika Resort nanti,” demikian Puspayoga saat membuka kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM KUMKM di Mataram, Senin, 13 Maret 2017.

Saran terbuka ini ia sampaikan di hadapan Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi, Bupati Lombok Utara, H. Najmul Ahyar, Deputinya, kepala SKPD lingkup Pemprov NTB, pimpinan instansi vertikal dan ratusan peserta pelatihan.

Menteri Puspayoga mengatakan, pariwisata memberi dampak yang cukup besar. karena itulah, UMKM harus menangkapnya dengan menyiapkan produk olahan maupun souvenir-souvenir yang berkualitas. Pariwisata NTB menurutnya akan terus membaik, didukung infrastruktur jalan-jalannya, oleh karena itu mulainya mengurus masyarakat agar peduli mengurus daerahnya.

“Masyarakat juga harus diberikan pelatihan pemahaman kepariwisataan, antisipasilah jauh-jauh hari sebelumnya,” tambah Menteri.

Ia mengatakan Kementerian Koperasi dan UKM akan turut serta di dalamnya bersama kementerian lain, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian. Masing-masing telah punya bagian untuk mendukung pembangunan masyarakat.

Puspayoga meminta langsung kepada Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusianya untuk memberikan porsi pelatihan-pelatihan kepada masyarakat untuk sektor pariwisata.

“Kuliner dan usaha-usaha kreatif harus berkembang, agar wisatawan yang datang bisa nyaman, dan tidak kering wisatanya,” imbuhnya.

Disisi lain, ia juga menyinggung bahwa Kementerian Koperasi dan UKM RI mengajukan agar pengenaan pajak kepada Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) tidak disamakan dengan Perseroan Terbatas (PT). Menkop, Puspayoga mengatakan pihaknya sedang memperjuangkan agar pajak-pajak kepada KUMKM tarifnya diturunkan.

Sumber Suara NTB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two × two =