INFONASIONAL.COM | Bogor - Longsor yang melanda wilayah Kelurahan Balumbang Jaya, Kota Bogor, mengakibatkan pipa PDAM Kota Bogor di daerah tersebut terputus. Ketua RT 05 RW 3 Kelurahan Balumbang Jaya, Uca, mengatakan, akibat kejadian itu, 13 RW dalam satu Kelurahan Balumbang Jaya tidak bisa mendapatkan pasokan air bersih.

“Satu kelurahan air PDAM-nya mati karena longsor,” ucap Uca, Senin (4/3/2024).

Uca menjelaskan, perbaikan pipa yang putus akibat longsor diperkirakan cukup memakan waktu. Untuk sementara, pipa baru akan dipasang di atas jalan untuk menyuplai air bersih kepada warga.

“Buat air pakai jalan pintas, pipa dipasang sementara bukan pakai sistem gali. Sementara sampai minggu ini selesai baru nanti pengerjaannya dipermanenkan oleh PDAM,” ujar dia.

Saat ini, agar warga terdampak tetap mendapatkan air bersih, PDAM menyiapkan mobil tangki yang disebar ke setiap RW di Kelurahan Balumbang Jaya. Pendistribusian air bersih ini akan terus berjalan sampai tahap pengerjaan pipa selesai.

Diberitakan sebelumnya, longsor kembali terjadi di Jalan Batu Hulung, Kelurahan Balumbang Jaya, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor pada Minggu (3/3/2023) pukul 05.00 WIB. Longsor terjadi di titik longsor yang tengah dibenahi oleh Pemerintah Kota Bogor.

“Longsornya kejadiannya subuh, ini lokasinya di titik yang lagi dibenerin bekas dulu longsor,” ujar Uca.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, longsor membuat akses warga setempat terputus. Kendaraan roda empat maupun roda dua tidak dapat melintas. Warga yang hendak melintas jalan tersebut terpaksa harus memutar jalan dengan jarak tempuh yang lebih jauh.