INFONASIONAL.com | Otomotif - Kendaraan taktis (rantis) Maung buatan PT Pindad dibangga-banggakan oleh Prabowo Subianto. Prabowo menilai Maung sudah menyerap banyak komponen dalam negeri. Menurut Prabowo, saat ini Maung sudah menggunakan 73 persen komponen dalam negeri. Ratusan perusahaan lokal dilibatkan untuk membuat mobil Maung. Diharapkan, harga Maung ke depannya akan lebih murah.

"Ini sekarang local content-nya sudah 73 persen di Indonesia. Dan ini sudah mengikutsertakan kurang lebih 133 perusahaan (dalam negeri), yang buat kabel, yang buat jok, kursi, semuanya, sudah ada 133 perusahaan. Dan ke depan, bisa lebih murah, akan lebih murah (harga mobil Maung)," kata Prabowo dalam acara Sarasehan 100 Ekonom Indonesia di Menara Bank Mega, Jakarta, Rabu (8/11/2023).

Tingkat komponen dalam negeri (TKDN) pada Maung buatan Pindad itu akan naik tahun depan. Nantinya, Prabowo menyebut Maung akan menggunakan mesin buatan dalam negeri. "Mungkin tahun depan kita akan bikin-untuk pertama kali dalam sejarah Indonesia-pabrik mesin di Indonesia. Nanti ini kontennya (lokalnya) akan jadi 90 persen, 92 persen," ucap Prabowo.

Untuk saat ini, Maung dibekali mesin diesel yang berasal dari Toyota Hilux berkapasitas 2.494 cc. Pindad Maung bisa dipacu hingga kecepatan 120 km/jam. Tingkat komponen dalam negeri (TKDN) pada Maung buatan Pindad itu akan naik tahun depan. Nantinya, Prabowo menyebut Maung akan menggunakan mesin buatan dalam negeri.

"Mungkin tahun depan kita akan bikin-untuk pertama kali dalam sejarah Indonesia-pabrik mesin di Indonesia. Nanti ini kontennya (lokalnya) akan jadi 90 persen, 92 persen," ucap Prabowo.

Untuk saat ini, Maung dibekali mesin diesel yang berasal dari Toyota Hilux berkapasitas 2.494 cc. Pindad Maung bisa dipacu hingga kecepatan 120 km/jam.