INFONASIONAL.com | Internasional - Presiden Rusia Vladimir Putin meresmikan dua kapal selam nuklir terbaru buatan negaranya. Dalam seremoni peresmian kapal selam baru tersebut, Putin berjanji memperkuat "kekuatan militer-angkatan laut" Rusia.
Seperti dilansir AFP dan Al Arabiya, Selasa (12/12/2023), Putin menghadiri langsung seremoni peresmian kedua kapal selam itu yang digelar di area Utara Jauh, Rusia, pada Senin (11/12) waktu setempat.

Putin juga ikut serta dalam seremoni pengibaran bendera di Severodvinsk di Laut Putih, yang menjadi lokasi kapal selam 'Krasnoyarsk' dan 'Kaisar Alexander III' yang dirakit selama enam tahun terakhir.
"Dengan kapal dan senjata seperti itu, Rusia akan merasa aman," ucap Putin kepada jajaran perwira Angkatan Laut, saat mengunjungi salah satu kapal selam di perairan Arktik yang membeku saat musim dingin.
Kedua kapal selam tersebut akan bergabung dengan armada Pasifik pada Angkatan Laut Rusia.

Putin menyatakan kapal selam tersebut akan "memperkuat kesiapan tempur Angkatan Laut Rusia, kekuatan Angkatan Laut kita di Arktik, di Timur Tengah, di Laut Hitam dan di Laut Baltik, di Laut Kaspia".

Selain dua kapal selam baru tersebut, Rusia juga sedang merakit delapan kapal selam nuklir lainnya.