INFONASIONAL.COM | Polisi - Polri bakal menggelar operasi terpusat dengan sandi operasi Aman Bacuya 2023 untuk pengamanan Piala Dunia U-17 2023. Kegiatan ini bakal berlangsung 25 hari mulai dari 10 November hingga 4 Desember 2023.

"Mabes Polri dengan melibatkan personel satwil melaksanakan operasi pengamanan. Tujuan operasi ini menjamin keamanan penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 aman, tertib, dan lancar," kata Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho dalam keterangan tertulis, Selasa, 7 November.

Piala Dunia U-17 dijadwalkan mulai bergulir pada 10 November sampai 2 Desember mendatang. Pertandingan akan digelar di empat lokasi, yakni Jakarta International Stadium, Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.

Operasi terpusat itu rencananya bakal digelar di wilayah hukum Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, dan Polda Jawa Timur. Adapun jumlah personel yang dilibatkan berjumlah 13.246 dengan rincian di tingkat Mabes Polri sebanyak 415 personel dan jajaran Polda sebanyak 12.832 personel.

Sandi mengatakan pengamanan dilaksanakan terhadap penyelenggaraan pertandingan, tamu VVIP, VIP, ofisial tim, pemain, wasit, dan seluruh panitia Piala Dunia U-17. Pihaknya akan mengutamakan cara preemtif dan preventif untuk pengamanannya.

"Dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif didukung penegakan hukum dan kehumasan dalam rangka memelihara kamtibmas untuk menjamin keamanan dan ketertiban pelaksanaan penyelenggaraan," tuturnya.

Piala Dunia U-17 akan diikuti 24 tim dari berbagai negara. Beberapa tim unggulan, seperti Inggris, Brasil, Spanyol, Argentina, dan Jerman turut berpartisipasi. Indonesia, selaku tuan rumah mendapat keistimewaan mengikuti ajang dua tahunan itu tanpa perlu melalui kualifikasi terlebih dahulu.

Timnas U-17 Indonesia tergabung di grup A bersama Ekuador, Panama, dan Maroko. Selama fase grup, tim asuhan Bima Sakti bakal bertanding di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Skuad Garuda diagendakan melakoni laga perdana kontra Ekuador pada Jumat, 10 November 2023.