INFONASIONAL.COM| Pemilu -  Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengungkapkan, pihaknya menyiapkan rumah sakit dan psikiater untuk menangani para calon anggota legislatif (caleg) yang stres akibat tidak terpilih sebagai anggota dewan.

"Kita sudah melakukan penanganan beberapa rumah sakit, tenaga psikologi klinik, kemudian tenaga psikiater juga sudah siap menangani," kata Dante di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Jakarta, Rabu (13/3/2024).

Dante menyebutkan, Kementerian Kesehatan tidak memiliki program khusus untuk menangani para caleg yang stres. Ia juga mengaku belum memetakan daerah-daerah mana saja yang mencatat kasus caleg mengalami stres.

"Tapi kami siap untuk melakukan evaluasi klinis untuk mereka-mereka yang stres," ujar Dante.

Menko PMK Muhadjir Effendy menambahkan, para caleg tidak perlu malu dan ragu untuk mengonsultasikan masalah mental yang mereka alami, karena semua orang pasti mengalami masalah tersebut.

"Bukan caleg gagal saja, caleg yang berhasil bisa juga sebetulnya mengalami gangguan mental. Karena itu tidak usah malu, tidak usah ragu untuk berkonsultasi karena itu justru yang lebih baik, kebaikan kita semua," ujar Muhadjir.

Ia menyebutkan, masyarakat tidak perlu merogooh kocek untuk berkonsultasi mengenai masalah mental ke rumah sakit karena sudah ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Untuk diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah melakukan rekapitulasi hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di tingkat nasional. Hasil pemilu di sejumlah daerah pun sudah terlihat di mana nama-nama caleg yang terpilih maupun tidak terpilih sudah diketahui oleh publik.