INFONASIONAL.com| Daerah Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto meresmikan lima titik sumber air bersih yang tersebar di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat pada Rabu (20/12/2023). Peresmian ini merupakan wujud dari kontribudi Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI) dalam menyelesaikan permasalahan rakyat, dalam hal ini persoalan air bersih.

Prabowo memapaparkan, lima titik pengeboran sumur air bersih dan Pipanisasi di antaranya dilakukan di Desa Cipedes, Desa Pamupukan Kecamatan Ciniru, Desa Cirukem Kecamatan Garawangi, Desa Sumberjaya Kecamatan Ciwaru, dan Desa Pakapasan Girang Kecamatan Hantara. 

Prabowo meminta kepada masyarakat setempat untuk menjaga sarana dan prasarana yang telah dibangun. Dia juga berpesan agar air dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya.

"Air sudah ada di hemat ditampung, jangan disia-siakan karena air sangat penting untuk kesehatan dan kehidupan," ujar dia di lokasi, Rabu (20/12/2023).

Prabowo memastikan, Kementerian Pertahanan (Kemhan) selalu hadir mengatasi kesulitan rakyat. Dia memuji dan sinergisitas antara TNI dengan Polri dalam menciptakan ketertiban dan keamanan di tengah-tengah masyarakat.

"Saya sangat senang perangkat desa juga ada TNI-Polri bekerja secara sinergi bersama-sama untuk bantu rakyat kita semua, menjaga ketertiban supya rakyat hidup tenang bisa melaksanakan pembangunan untuk seluruh bangsa Indonesia," ujar dia.

Dalam kesempatan ituPrabowo juga mengungkapkan rasa terimakasih kepada tim pakar dari Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI) yang terus bekerja menemukan dan menyalurkan air kepada rakyat.

Prabowo menjelaskan, Universitas Pertahanan memang punya tugas mencetak putra-putri terbaik Indonesia di berbagai bidang. Di samping itu, juga harus mengambil peran dalam mengatasi kesulitan rakyat.

"Unhan saya perintahkan bentuk satgas air dan sekarang bentuk satgas perbenihan untuk reboisasi untuk hutan untuk menyebarkan benih-benih buah dan pohon-pohon produksi segera akan kita bangun, bentuk suatu satgas perumahan murah untuk atasi dampak dari kerusakan lingkungan. Nah ini jadi kepandaian dari seluruh unsur Unhan harus bisa dirasakan oleh rakyat," ujar dia.

"Saya terima kasih di bidang air satgas telah bekerja dengan baik ratusan titik air memproduksi dengan sangat relatif terjangkau tidsk berlebihan biayanya pekerjaan ini saya nilai baik dan untuk itu memang petugas-petugasnya patut dan sudah kita perhatikan untuk diberi penghargaan semuanya," dia menandaskan.

Sementara itu, Rektor Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI), Letnan Jenderal TNI Jonni Mahroza menerangkan, pengeboran dan pipanisasi bagian dari progam pengabdian masyarakat Universitas Pertahanan RI yang berada di bawah binaan Kemhan.

"Kami banyak program pengabdian masyarakat. Tahun lalu diminta mengatasi kesulitan rakyat dalam hal air. Total sudah 105 titik sumber air yang kami resmikan," ujar Jonni.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mendapat sambutan meriah dari warga Kuningan, Jawa Barat pada Rabu (20/12/2023). Masyarakat yang hadir kegirangan menyambutnya.

Prabowo hadir di Desa Pamupukan, Kecamatan Ciniru, Kuningan Jawa Barat untuk meresmikan sumber air bersih. 

Pantauan di lapangan, Prabowo menumpangi Toyota Land Cruiser VX-R hitam berpelat Kemhan 1-00. Dia tiba pukul 10.52 WIB. 

Kehadiran Prabowo menyedot perhatian warga yang sejak tadi menunggu. Mereka bertepuk tangan sambil meneriaki nama Prabowo Subianto. 

Prabowo kemudian turun menyapa sejumlah warga yang didominasi emak-emak. Saat itu, ada seorang emak-emak sambil mengendong anak menghampiri Prabowo.

Dia pun histeris kala bertemu Prabowo, tak menyangka bisa bertatap muka denganya. Prabowo mengulurkan tangan dan bersalaman dengan si emak-emak.

Dia lalu mengarahkan tangan ke arah kepala anak yang digendong si emak tersebut. Prabowo kemudian mengusap-usap kepala si anak.