INFONASIONAL.com | TNI - Nama Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letnan Jenderal Maruli Simanjuntak belakangan ini menjadi sorotan. Ia dikabarkan akan menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal Agus Subiyanto yang ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Panglima TNI.

Perjalanan karier Maruli memang cukup komplit. Ia pernah mendapat penugasan di berbagai satuan, bahkan sempat menjabat Komandan Paspampres.

Namun siapa sangka, perjalanan kariernya ini justru terinspirasi dari cerita Robin Hood dan film A Team. Hal inilah yang akhirnya menjadi motivasi Maruli untuk bergabung menjadi anggota TNI.

"Zaman dulu lucu juga karena saya senang sekali dengan cerita-cerita Robin Hood, menolong masyarakat. Juga saya senang dengan cerita-cerita film A Team," ungkap Maruli, Sabtu (4/11/2023).

Tak hanya terinspirasi dari film, Maruli mengaku kagum dengan sosok Babinsa yang turut menyelesaikan masalah di masyarakat.

"Saya juga terkesan dengan Babinsa, jadi dulu di tengah-tengah masyarakat itu kalau ada permasalahan itu zaman-zaman saya kecil itu Babinsa yang menyelesaikan permasalahan. Saya pikir boleh juga nih jadi tentara," ungkap Maruli.

Kini Maruli digadang-gadang sebagai orang nomor satu di TNI AD. Predikat ini wajar melihat prestasi moncer yang dimilikinya sebagai prajurit tempur.

Namun tak hanya itu, Maruli sebenarnya juga memiliki prestasi di bidang olahraga judo. Bahkan, ia merupakan mantan atlet judo Indonesia di SEA Games 1995.

Maruli juga menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PB PJSI) periode 2021-2026. Ia pun bertekad untuk mengembalikan kejayaan judo di Indonesia

"Saya ingin mengembalikan kejayaan judo seperti di tahun 1990-an, kala itu judo bisa tampil dalam kejuaraan di tingkat Olimpiade," ungkap Maruli.

Tak sampai di situ, Maruli juga pernah menjadi juara 1 Judo Military Asean Philipina pada tahun 1997 di kelas 71 kilogram. Perjuangan yang dilakukannya pun sangat keras. Ia pernah mengikuti pelatihan seperti TC Judo Kopassus-Korea di tahun 1996 sampai tahun 1999.

Belakangan ini, Maruli juga menjadi sorotan di Kejurnas Judo Kasad Cup 2023 yang digelar pada 7 sampai 10 Oktober 2023 di Basket Hall GBK Senayan, Jakarta.

Aksi Maruli saat mengeluarkan 'jurus' melumpuhkan lawannya pun beredar di media sosial. Tak sedikit netizen yang dibuat kagum dengan aksi menakjubkan tersebut.