INFONASIONAL.com | TNI - Presiden Jokowi akan segera mengumumkan nama calon Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) pekan ini. Dari sejumlah nama yang beredar, menantu Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Letjen Maruli Simanjuntak paling dijagokan menjadi KSAD.

Setelah Jenderal Agus Subiyanto dilantik menjadi Panglima TNI, posisi KSAD masih kosong. Ada 3 nama yang digadang-gadang bakal menggantikan Jenderal Agus sebagai KSAD. Yakni Pangkostrad Letjend Maruli Simanjuntak, Kabais Letjen Rudianto dan Kepala BNPB Letjen Suharyanto.

Benarkah Pangkostrad berada di atas angin? Guru Besar Politik dan Keamanan Universitas Padjajaran Prof Muradi membeberkan, sebenarnya ada 11 calon yang masuk dalam daftar kandidat calon KSAD. Namun, mengerucut ke tiga nama, yakni Maruli, Rudianto dan Suharyanto.

"Saya cenderung melihat posisi dari Pak Maruli jauh lebih berpeluang. Karena pernah menjadi Komandan Paspampres dan juga faktor mertuanya," ungkap Muradi, Minggu (26/11/2023).

Dia mengatakan, saat ini tinggal bagaimana kebutuhan yang diperlukan Presiden Jokowi untuk menangani TNI AD. Apakah dibutuhkan sosok yang tegas atau fleksibel dalam memimpin tentara. Mengingat, saat ini netralitas TNI sedang mendapat perhatian jelang Pilpres 2024.

"Mau tidak mau KSAD adalah bantuan Panglima TNI kalau dilihat dari keperluan politik di 2024. Kalau tidak klik, maka bisa membawa masalah sendiri jika nanti ada masalah di internal TNI dan di teritorial," ujarnya.

Namun, Muradi mengusulkan, Presiden memilih sosok KSAD yang punya kecocokan dengan Panglima TNI. Di samping itu, calon KSAD juga harus  lebih muda dari para kandidat yang ada agar bisa mengelola internal TNI lebih lama.

Tapi diharapkan siapapun yang jadi KSAD bisa membawa marwah yang baik utk TNI," pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden tidak menampik soal bursa nama untuk KSAD. Dari sekian nama yang beredar, Jokowi tidak membantah bila Maruli masuk dalam radar Jokowi untuk ditunjuk menjadi KSAD. "Nanti diumumkan pekan depan," kata Jokowi. 

Kantor Staf Presiden (KSP) mengaku belum tahu pasti kapan pengumuman itu bakal disampaikan. Namun dia memprediksi, nama calon KSAD bakal diumumkan secepatnya.

"Karena ini adalah jabatan strategis tentunya harus segera diumumkan," ujar tenaga ahli utama KSP, Adrianto Gani, Minggu (26/11/2023).

Diketahui, nama Maruli menguat sebagai calon KSAD karena beberapa waktu lalu kedapatan mendatangi Istana Kepresidenan. Maruli mengaku datang atas undangan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. 

Panglima TNI Agus Subiyanto juga pernah menjelaskan, bahwa calon KSAD adalah jenderal bintang 3 yang harus memenuhi syarat atau eligible. Diketahui, saat ini Maruli sudah punya bintang 3 di pundaknya. Pernyataan itu semakin membuat nama Maruli berada di atas angin. 

Sementara itu, Anggota Komisi I DPR, Dave Laksono tidak mau menebak-nebak siapa yang bakal jadi KSAD. Politisi Partai Golkar ini menyerahkan semua keputusan kepada Presiden Jokowi. 

"Beliau adalah salah 1 perwira terbaik TNI AD untuk saat ini, bilamana presiden telah menentukan pilihannya, maka itu adalah kebijakan yang tepat," ungkapnya.