Adakan Buka Bersama, Kedubes AS Sajikan Kolaborasi Kuliner Indonesia dan Amerika

0
60

JAKARTA, infonasional.com – Kedutaan Besar Amerika Serikat (Kedubes AS) untuk Indonesia mengadakan acara “Buka Puasa Nusantara” yang diadakan di Rumah Imam Bonjol, Jakarta, Senin (5/6). Acara tersebut mengundang awak media dan dihadiri oleh Wakil Duta Besar Amerika Serikat Brian McFeeters, Perwakilan USDA Ali Ahmad Abdi, Celebrity Chef Vindex Tengker, dan Pakar Marketing Kafi Kurnia.

Tujuan dari acara tersebut antara lain untuk menstimulasi masakan nusantara agar dikenal ke mancanegara.

Acara “Buka Puasa Nusantara” merupakan acara tahunan yang digelar untuk mempromosikan seni kuliner nusantara. Acara ini berawal dari ide untuk menyajikan sejumlah makanan dari berbagai wilayah nusantara dengan tampilan inovasi yang kreatif.

Hal tersebut diikuti oleh pernyataan Kafi bahwa keberagaman kuliner nusantara dapat diperlihatkan lewat beberapa contoh populer dari kuliner dari berbagai daerah.

Dia memaparkan, “Seperti Kuliner soto yang memilki variasi dan keragaman yang sangat kompleks, dan hampir setiap daerah di Indonesia memiliki sajian soto yang berbeda satu dengan yang lainnya.”

“Mulai dari soto Betawi hingga soto Banjar semuanya beragam,” tambahnya.

Dalam kesempatan lain Brian mengatakan, “Indonesia memiliki beberapa keberagaman. Pertama, keberagaman beragama. Amerika sangat menghargai keberagaman beragama yang dimilki oleh Indonesia, terutama agama Islam.”

Menurutnya, agama Islam sudah berkembang luas di Amerika Serikat yang hingga saat ini jumlah penganutnya mencapai angka 3 juta penduduk.

“Kedua, Indonesia memilki keberagaman makanan. Hal ini karena banyaknya jenis bahan makanan yang dimiliki oleh Indonesia,” ungkapnya.

Beliau menuturkan bahwa adanya keterkaitan sejarah antara Indonesia dan Amerika dalam hal bahan makanan. Karena penemu benua Amerika, yaitu Christopher Colombus, sejatinya ingin mencari rute baru ke Indonesia untuk menemukan rempah-rempah.

Brian mengatakan, “Diacara ini nanti akan disajikan Rendang, Rawon, dan Pepes Ikan yang akan dipadukan bahan-bahan dari Amerika yang berupa ikan Salmon dan Daging sapi Amerika.”

“Dan untuk berbuka puasa, kami menyediakan kurma Medjool yang berasal Arizona, California,” tutupnya.

Terakhir, Vindex menjelaskan bahwa makanan Indonesia merupakan kuliner yang tidak kalah jika bersaing dengan kuliner mancanegara.

“Sebenarnya dari sabang sampai merauke, dari barat ke timur, kita memiliki kekuatan makanan yang luar biasa,” dia mengakhiri. (Fakhri/Reza/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × 2 =