Infonasional.com | Jakarta - Pimpinam Pusat Muhammadiyah, mengadakan konferensi Pers pada Sabtu, 20 Januari 2024, mengumumkan tanggal-tanggal kunci untuk awal Ramadhan, Idul Fitri, dan awal Zulhijah dalam kalender Islam tahun 1445 H.

Acara ini disiarkan langsung melalui kanal YouTube Muhammadiyah Chanel dan tvMu, menampilkan hasil perhitungan dan observasi yang cermat oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Menurut Majelis Tarjih dan Tajdid, diperkirakan bulan baru yang menandai awal Ramadhan 1445 H, bertepatan pada hari Senin, 11 Maret 2024. Sesuai dengan surat penetapan Hasil Hisab Awal Ramadhan yang ditandatangani Wakil Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah Hamim Ilyas dan Sekretaris Atang Solihin

Selain menetapkan awal Ramadhan, Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengumumkan bahwa Idul Fitri, yang menandai akhir Ramadhan, akan jatuh pada hari Rabu, 10 April 2024. 

Pimpinan Pusat Muhammadiyah lebih lanjut menyebutkan bahwa hari pertama Zulhijah, yang penting untuk ibadah haji, akan dimulai pada hari Sabtu, 8 Juni 2024. Keputusan ini membantu dalam mengatur rukun Islam kelima, ibadah haji ke Makkah, bagi mereka yang ingin menjalankannya.

Siaran langsung acara ini di Muhammadiyah Chanel dan tvMu menunjukkan komitmen Pimpinan Pusat Muhammadiyah terhadap transparansi dan penyediaan informasi yang akurat. Pendekatan ini memastikan umat Islam di berbagai wilayah memiliki akses ke data yang tepat waktu dan dapat diandalkan untuk melaksanakan ibadah mereka.

Sebagai kesimpulan, pengumuman Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengenai tanggal-tanggal awal Ramadhan, Idul Fitri, dan Zulhijah 1445 H bukan hanya sebagai acara rutin, tetapi juga sebagai contoh dedikasi mereka untuk melayani umat Islam dengan memberikan informasi yang akurat dan dapat dipercaya untuk momen-momen penting dalam kalender Islam.***