INFONASIONAL.com | Pemilu Mulai hari ini, Selasa (28/11/2023) sampai Sabtu (10/2/2024), para Capres-Cawapres akan melakukan kampanye terbuka. Mereka mulai memasarkan diri untuk menarik simpati publik. Ada yang start dari Jakarta, ada juga yang dari Merauke, Papua.

Capres-Cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, akan berbagi tugas dalam kampanye hari pertama ini. Keduanya akan berkampanye di tempat berbeda. Anies akan menggelar kampanye pertamanya di Jakarta. Sementara Imin, sapaan akrab Muhaimin, akan memulai kampanye di wilayah Surabaya.

"Kami dari Jakarta, nanti Gus Imin dari Surabaya," kata Anies, di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta, Senin (27/11/2023).

Pembagian wilayah kampanye dimaksudkan untuk memperluas jangkauan. Sebab, kata Anies, kampanye yang dilakukan secara bersamaan kurang efektif untuk menjangkau wilayah-wilayah yang diprioritaskan. “Kalau semuanya bareng, nanti yang bisa terjangkau sedikit," jelasnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengungkapkan, kampanyenya akan membawa satu pesan utama, yakni mewujudkan keadilan. "Sudah lama dari dulu kita kampanye, satu pesan utama, melahirkan keadilan. Visinya Indonesia adil-makmur untuk semua," jelas Anies. 

Capres-Cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, juga akan membagi tugas dalam kampanye. Mereka akan melakukan kick off tidak jauh-jauh dari Jakarta. "Kita kick off di sekitar Jabodetabek," kata Prabowo, tanpa menjelaskan lokasi tepatnya.

Khusus untuk Gibran, kata Prabowo, jangkauan kampanyenya lebih luas. Alasannya, Gibran masih muda. "Kita mulai bagi tugas, yang muda bergerak ke mana-mana," ucap Ketua Umum Partai Gerindra ini, sembari tertawa. 

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, menerangkan, di hari pertama ini, Prabowo-Gibran tidak akan langsung terjun ke lapangan. Mereka baru akan efektif kampanye pada Jumat (1/12/2023).

Sebelum itu, Prabowo dan Gibran akan tetap menjalankan tugas negara masing-masing. Prabowo akan tetap bekerja sebagai Menteri Pertahanan, dan Gibran sebagai Wali Kota Solo.

"Tetap bekerja seperti biasa. Mas Gibran juga bekerja seperti biasa," terang Nusron. 

Berbeda dari dua paslon lainnya, Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, langsung terbang ke luar Pulau Jawa di hari pertama kampanye ini. Ganjar akan menyisir dari timur Indonesia, sedangkan Mahfud dari barat.

Ganjar menyebut, mulai Senin malam, dirinya dan Mahfud langsung bergerak. “Saya akan bergerak ke Timur, dimulai dari Merauke. Sedangkan Pak Mahfud akan mulai dari Aceh," ucap Ganjar, saat acara konsolidasi relawan, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (27/11) malam.

Meskipun letak geografis kampanyenya berjauhan, tapi mantan Gubernur Jawa Tengah itu yakin bisa kembali bersama Mahfud di titik kemenangan. "Kita akan bergerak dari Barat-Timur, dari Utara-Selatan dan nanti akan bertemu di titiknya di pusatnya," jelas dia.

Mahfud menerangkan, dirinya sengaja berkampanye terpisah dengan Ganjar untuk menggambarkan persatuan Indonesia. “Bahwa Indonesia itu harus bersatu, jangan kurang wilayahnya juga,” kata Menko Polhukam ini.