Filter Informasi, Bupati Magelang Lawan Hoax

0
29
magelangkab.go.id

MUNGKID, infonasional.com – Maraknya berita bohong atau yang kita kenal dengan istilah hoax menjadi trending topic beberapa waktu belakangan ini. Bupati Magelang Zaenal Arifin merasa concern dan angkat bicara soal hoax yang kini semakin meresahkan masyarakat. Zaenal berpesan pada para orang tua agar selalu mengawasi anak-anak yang saat ini sudah semakin akrab dengan gawai, Kota Mungkid, Kamis (28/09).

Kemajuan teknologi yang kian pesat semakin memudahkan masyarakat untuk mengakses berita-berita di dunia maya dan jejaring sosial. Efek dari perkembangan teknologi tersebut bisa positif, bisa juga berdampak negatif, oleh karena itu masyarakat harus bisa memilah, tinggalkan konten negatif, dan maksimalkan manfaat konten positif yang juga banyak beredar di dunia maya.

“Jadi kami berharap pada orang tua khususnya anak-anak yang memiliki gadget (dan) media sosial, betul-betul untuk orang tua ini memantau sehingga anak-anak ini bisa terkontrol dengan baik, anak-anak tidak terpengaruh berita-berita yang tidak betul tadi,” pesan Bupati Magelang di sela acara Pencanangan Kampung KB Desa Madusari Kecamatan Secang (27/09).

Ketika mendapat informasi, harus selalu dikaji dan dicerna sebelumnya apakah informasi tersebut betul-betul bermanfaat. Karena berita-berita yang tidak betul tersebut kalau tidak disaring, tidak difilter, itu justru bisa menyesatkan. Zaenal berharap agar seluruh warga Kabupaten Magelang tidak mempercayai berita-berita itu 100%.

“Untuk tabayyun dulu lah, atau mengkaji dulu sehingga  apa (informasi) yang kita cermati, apa yang kita cerna nantinya betul-betul bisa memberikan manfaat secara pribadi dan juga bagi masyarakat”, tambahnya.

Pemerintah Kabupaten Magelang juga terus berusaha untuk meredam berita hoax agar tidak semakin merajalela di kalangan masyarakat. Melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Magelang, Pemda berupaya untuk menyampaikan pada masyarakat terkait jenis-jenis dan dampak yang diakibatkan oleh berita hoax.

“Pemerintah Daerah melalui Diskominfo juga memfilter berita-berita yang tidak betul itu agar tidak dikonsumsi masyarakat,” tegas Bupati Magelang.

Bupati berharap dan menghimbau pada seluruh warga masyarakat untuk mengkaji kembali ketika menerima berita-berita melalui media-media sosial itu. “Karena memang akhir-akhir ini banyak sekali beredar berita-berita yang tidak betul atau hoax tadi,” tutupnya. (MAGELANGKAB/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

sixteen − 14 =