INFONASIONAL.com | Daerah - Gunung Anak Krakatau kembali mengalami erupsi pagi ini. Letusan itu melontarkan abu vulkanik setinggi 1 kilometer di atas puncak.
Letusan kedua pada Selasa (28/11/2023) ini terjadi pada pukul 06.29 WIB. Pos pengamatan Gunung Api Anak Krakatau di Pasauran, Serang, melaporkan abu vulkanik dari letusan Gunung Anak Krakatau itu mengarah ke utara.

"Terjadi erupsi Gunung Anak Krakatau pada hari Selasa, 28 November 2023, pukul 06:29 WIB. Tinggi kolom letusan teramati ± 1.000 m di atas puncak (± 1.157 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal ke arah utara," kata petugas pos pantau Gunung Api Anak Krakatau, Anggi Nuryo Saputro, kepada detikcom, Selasa (28/11).Erupsi kedua ini lebih kecil dibanding erupsi pertama pada hari ini. Pada letusan pertama, Anak Krakatau menyemburkan abu vulkanik setinggi 2 kilometer di atas puncak.

Selama November 2023, Gunung Anak Krakatau tercatat sudah mengalami 18 kali letusan. Erupsi pertama bulan ini terjadi pada Minggu (26/11) lalu.

Akibat erupsi ini, nelayan dan masyarakat umum ataupun wisatawan pendaki tidak diperbolehkan mendekati Gunung Anak Krakatau atau beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah aktif.