Ende, Flores Punya Opsi Lain Bagi yang Mau Liburan Bareng

0
118
bintang.com

ENDE, infonasional.com – Bayangkan pulau-pulau berbukit dengan rumput yang warnanya berubah seiring musim, serta gradasi cantik dari sang laut mungkin jadi angan sebagian pelancong ketika mengingat Flores. Kendati demikian lekat, pulau di Nusa Tenggara Timur ini masih punya pesona lain, termasuk Ende, untuk dinikmati.

Meninggalkan pesisir di barat yang sudah terlalu populer, Ende bisa jadi tujuan menawan ketika kamu ingin liburan bareng orang-orang terdekat di Flores. Dengan paras yang jauh dari monoton, serta bentukan intimasi tak terdeskripsikan, keping wilayah di tanah sejuta senyum ini tak memerlukan waktu lama untuk menambat hati.

Kamu masih asing dengan Ende dan bingung hendak pergi ke mana? Tenang, wilayah ini akan memanjakanmu dengan banyak, begitu banyak, lanskap menawan. Kamu juga bisa mendapatkan beberapa tempat sebagai referensi ketika akhirnya memutuskan untuk singgah. Bisa jadi lusinan pengalaman tak terlupakan, catat nama-nama ini ketika ingin menyambangi Ende.

Danau Kelimutu. Siapa yang tak tahu tempat ini? Sudah demikian populer, Danau Kelimutu merupakan satu spot wajib jika menjelajah Ende. Memulai perjalanan di dini hari, kamu harus trekking untuk sampai di puncak dan menikmati danau tiga warna yang misterius, sekaligus magis. Belum lagi berbicara kalau kamu bisa menikmati cantik panorama sunrise yang sudah kenamaan di sini.

Kampung Adat Wolotopo. Berjarak 14 kilometer dari pusat Kota Ende, Wolotopo adalah kampung adat megalitikum dengan embanan budaya yang masih kentara. Di sini, kamu bisa berkeliling sambil melihat rumah adat dan kuburan-kuburan batu. Yang paling asyik tentu saja bisa berbincang langsung dengan warga setempat yang ramah. Bila berkunjung di sore hari, kamu bahkan bisa melihat eloknya Teluk Sawu dan Gunung Meja dari atas bukit.

bintang.com

Pasar tradisional. Ingin menikmati nuansa yang lebih akrab? Maka pasar tradisional di Ende bisa jadi opsi menarik. Mungkin tak seunik pasar barter nun jauh di Lembata sana, namun ritme di tempat ini tetap seru untuk dinikmati. Bayangkan, kamu bisa melihat berbagai barang komoditi dan mungkin membeli beberapa di antaranya yang menarik.

Museum Tenun Ikat. Melewatkan kesempatan mengenal tenun ikat Ende yang sudah kenamaan? Dijamin kamu akan merugi. Menarik sekali, di sini kamu bisa belajar tentang pola tenun dan asal dari tiap-tiap warna, juga makna tiap motif di kain tenun.

bintang.com

Pantai Batu Biru. Kembali ke lanskap menawan khas Nusa Tenggara, Pantai Batu Biru bisa jadi satu pemberhentian menarik di Ende. Sesuai dengan namanya, kamu akan menemukan batu-batu berwarna biru dengan ragam ukuran yang mengalasi pantai. Ingin bersantai dan menikmati aroma laut yang akrab bersama orang-orang terkasih? Maka jangan sampai melewatkan tempat yang satu ini. (BTG/IFN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here