Kementerian LHK dan Pemkab Soppeng Sosialisasikan Pengembangan Bank Sampah dalam Pengelolaan Infrastruktur Hijau

0
56
soppengkab.go.id

SOPPENG, presidentpost.id – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Soppeng melalui Dinas Lingkungan Kabupaten Soppeng melaksanakan sosialisasi pengembangan Bank sampah dalam pengelolaan infrastruktur hijau menuju indonesia bersih 2010 di Baruga Rumah Jabatan Bupati Soppeng Jalan Pengayoman Kelurahan Botto Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng, Rabu (8/11).

Penanggung Jawab kegiatan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Drs. A. Aswan A. Said, M.Si dalam laporannya menyampaikan atas nama Kepala Dinas Lingkungan Hidup yang menangani Pengelolaan persampahan menyampaikan banyak terima kasih kepada Ibu Anggota DPR RI dalam hal ini Dr. Ir. Hj. Andi Yuliani Paris, M. Sc, bersama tim dari Kementrian Lingkungan Hidup & Kehutanan atas perhatiannya terhadap pembangunan khususnya di Kabupaten Soppeng atas bantuan yang diberikan, Bantuan tersebut sangat kami butuhkan mengingat jangkauan pelayanan di Kecamatan belum berjalan maksimal disebabkan Sarana dan Prasarana.

soppengkab.go.id

A. Aswan menyampaikan bahwa penyerahan Motor Sampah Tiga (3) Roda sebanyak 12 Unit akan disalurkan ke seluruh kecamatan di Kabupaten Soppeng yang terdiri dari:
1. Kecamatan Lalabata
2. Kecamatan Marioriwawo
3. Kecamatan Marioriawa
4. Kecamatan liiriaja
5. Kacamatafi Lilirilau.
6. Kecamatan Donri-Donri
7. Kecamatan Citta
8. Kecamatan Ganra

Selanjutnya A. Aswan mengatakan bahwa dasar Pelaksanaan adalah Surat Bupati Soppeng Nomor 658.1/1206/DLH/X/2017 tentang Permohonan Bantuan Sarana Pengelolaan Sampah dengan maksud dan tujuan pelaksanaan yaitu :

Untuk meningkatkan jangkauan pelayanan persampahan kepada masyarakat khususnya yang tidak terjangkau mobil sampah (dump truck) dan pelayanan pengangkutan sampah di tingkat Kecamatan maupun Desa dan Kelurahan.

soppengkab.go.id

Untuk mengembangkan pengelolaan sampah melalui Bank Sampah
Adapun peserta sosialisasi lanjut aswan terdiri dari :
1. SKPD
2. Camat
3. Lurah /Kepala Desa
4. Kepala Sekolah
5. Tokoh Masyarakat

A. Yuliani Paris dalam sambutannya mengatakan bahwa Salah tujuan pemberian bantuan ini adalah untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup kita dengan mengubah sampah kembali ke alam atau menjadi uang yang dapat mensejahteraan dan perekonomian masyarakat soppeng.

“Untuk menciptakan lingkungan soppeng yang sehat dengan memberikan tanaman dengan pupuk kompos, sehingga hasilnya (buahnya) tidak mengandung pestisida” kata yuliani
Yuliani menambahkan bahwa kita melaksanakan Pelatihan membuat pupuk alami dari alam sekitar tanpa ada campuran kimia dan pembagian alat Konferter (mesin tempel) untuk kendaraan sebanyak 204 unit yang menggunakan elpiji untuk nelayan yang ada sehingga lebih hemat dibanding dengan memakai BBM selain itu kami akan memberikan bantuan berupa lampu penerangan jalan.

“Mudah-mudahan ke depan Soppeng menjadi kota yang paling bersih dan sehat di Indonesia” harap Yuliani.

H. A. Kaswadi Razak, SE dalam sambutannya mengatakan bantuan yang diberikan ini untuk kita jaga bersama, dan saya minta partisipasi seluruh pihak untuk melaksanakan amanah yang telah diberikan.

“Pada hakikatnya tanggungjawab anggota dewan adalah bertanggungjawab pada masyarakatnya untuk menampung semua aspirasinya karena Kalau anggota dewan tidak ada kontribusinya di daerah maka masyarakat akan kecewa” kata kaswadi.

“Terkait dengan pengelolaan anggaran, silahkan ikuti aturan perundang undangan yang berlaku” jelas kaswadi.

Selain itu Kaswadi mengharapkan kepada seluruh masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya dan jangan sekali kali membuang sampah pada sungai karena memberikan dampak negatif berupa banjir atau kerusakan lingkungan hidup. “Ada 4 farietas padi yang kita kembangkan dan akan menjadi produk andalan soppeng ke depan” ungkap Kaswadi. Turut hadir Plt. Sekda, Para Asisten Setda, Para Kepala Desa dan Lurah se-kab. Soppeng. (SOPPENGKAB/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here