INFONASIONAL.com | Daerah - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkapkan bahwa tidak ada korban jiwa dan luka akibat gempa bumi magnitudo 5,7 di wilayah Bayah, Banten, Minggu (25/2/2024) kemarin.

"Tidak ada (korban jiwa dan luka)," kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Senin (26/2/2024). Muhari menyebutkan, BNPB juga tidak mencatat ada kerusakan akibat gempa.

Namun, Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) setempat tetap mendata kerusakan yang dialami oleh warga.

"Hingga pagi ini kami tidak menerima laporan kerusakan dari daerah, meski demikian rekan-rekan BPBD tetap melakukan pendataan ke warga," ujar Muhari.

Sebelumnya, gempa bumi magnitudo 5,7 terjadi di daerah Bayah, Banten, tepatnya pada pada koordinat 7,63° LS; 105,74° BT, Minggu malam pukul 20.07 WIB.

Menurut BMKG, gempa bumi semalam merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia di selatan Banten.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault) yang merupakan cerminan gempa megathrust," ujar Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono, Minggu malam.

Gempa bumi semalam turut dirasakan di Serang, Cilacap, Lembang, Garut sampai Bandung dengan skala MMI (Modified Mercally Intensity) yang berbeda.