Hotel Kaliki, Tempat Menginap Presiden Jokowi di Nias

0
239

Gunungsitoli, presidentpost.id – Senin (8/5), Mengeksplorasi keindahan tak terbantahkan dari Kepulauan Nias tentunya membutuhkan sarana akomodasi. Kebanyakan turis baik domestik maupun internasional memilih Gunungsitoli sebagai awal dan akhir perjalanan wisata ke Nias. Hotel-Hotel di Gunungsitoli sangat direkomendasikan apabila anda berkunjung ke Nias.

Hotel idaman para wisatawan tentunya hotel yang menyuguhkan keramahan, kenyamanan, dan panorama keindahan laut Nias.

Adapun salah satu hotel yang direkomendasikan adalah Hotel Kaliki yang terletak di Kota Gunungsitoli tepatnya di Jln. Yos Sudarso Gg. Elang, Desa Ombolata Ulu.

Hotel Kaliki sering kali dikunjungi oleh Pejabat dan pebisnis karena suasana dan tempat yang nyaman untuk mengadakan pertemuan maupun acara.

Hotel ini merupakan salah satu tempat menginap dan restoran di wisata bahari Gunungsitoli yang sering dikunjungi baik oleh masyarakat setempat maupun wisatawan lokal/mancanegara sebagai tempat refreshing dan penginapan. Hotel/resto Kaliki yang terletak di desa Moawo ini sering dikunjungi dari daerah yang bukan dari Nias sendiri tetapi juga dari daerah lain.

Hotel Kaliki juga terkenal dengan restorannya yang merupakan salah satu restoran terbaik dan tempat yang populer untuk mengadakan acara maupun meeting di kota Nias.

Hotel Kaliki ini merupakan salah satu hotel yang menjadi tujuan para wisatawan baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri, dimana letaknya yang sangat strategi yaitu di dalam Kotamadya dan juga posisinya di pinggir laut sehingga kita bisa melihat terbitnya matahari pagi.

Kenyamanan, hembusan angin, eksotisme pemandangan laut Gunungsitoli langsung disuguhkan ketika anda menginap di hotel yang memiliki luas 1 Ha, 15 kamar, 1 restaurant, dan 1 kolam pemandian di dalamnya.

Bahkan pada bulan November 2016 yang lalu Presiden Joko Widodo beserta rombongan sempat menginap di Hotel Kaliki ini, pada acara Pembukaan PESTA YA’AHOWU yang di adakan tiap tahunnya, Pesta Ya’ahowu ini juga merupakan pesta rakyat yang ada di 4 Kabupaten dan 1 Kotamadya yakni Kota Gunungsitoli.

Adapun tentang sejarah berdirinya hotel, Tamin pemilik Hotel Kaliki mengatakan, “Tempat ini dibuat pada tahun 2006 pasca gempa Nias dan sampai sekarang masih bertahan, walaupun disana sini masih banyak kekurangan.”

Tidak hanya keindahan bangunan, adanya fasilitas dan sarana-prasarana tentunya akan sangat menambah nilai jual suatu hotel. Kendati Hotel Kaliki masih berkembang, Tamin harapkan adanya investor untuk membantu perkembangan hotel.

“Kita sangat berharap bantuan atau investor dari luar supaya Hotel Kaliki ini bisa maju,” ujar Tamin.

Tamin juga memaparkan tentang rencana kedepan infrastruktur Hotel Kaliki, “Rencana kita untuk kedepan supaya hotel ini memiliki Water Boom, penambahan kamar yang sekarang baru 15, Speed Boat untuk mancing dan adanya tempat permainan anak-anak.”

Kita berharap dari Pemerintah Kota Gunungsitoli adanya perhatian khusus supaya dapat bekerjasama dengan pihak pengusaha Hotel itu sendiri,sehingga nantinya dapat menjadi PAD (Penghasilan Asli Daerah) Kota Gunungsitoli. Apalagi apabila ada investor asing yang bisa menanamkan modalnya di tempat penginapan seperti Kaliki ini,  misalnya adanya pembangunan Hotel berbintang. yang sampai sekarang belum ada  di Kepulauan NIAS.(Soni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fifteen − 1 =