Realisasi Program Nawacita, Menhub Serahkan 5 Bus Bantuan pada Pemkab Magelang

0
37
jpp.go.id

MAGELANG, infonasional.com – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyerahkan bus bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Magelang sebanyak tiga unit dan Pemerintah Kabupaten Temanggung sebanyak dua unit.

“Penyerahan bus ini merupakan bagian dari upaya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk merealisasikan program Nawacita yang telah dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019,” jelas Menhub Budi pada acara penyerahan bus yang bertempat di Pendopo Bupati Magelang, Jawa Tengah, Minggu (15/10).

Dengan pengadaan bus ini, diharapkan masyarakat dapat merasakan kehadiran pemerintah, terutama dalam hal penyediaan sarana dan prasarana transportasi darat yang memadai, serta meningkatkan pelayanan jasa transportasi umum.

“Saya diperintahkan oleh Presiden untuk menyapa kabupaten di seluruh Indonesia, untuk menjelaskan program yang sudah ada dan minta masukan dari bapak-bapak Bupati apa yang harus kita lakukan sambil kita memberikan apa hal-hal yang diperlukan. Harapannya adalah dengan adanya bus ini masyarakat dapat lancar bermobilisasi,” tutur Menhub Budi.

Dengan diserahkannya bantuan bus kepada pemerintah daerah, diharapkan pula dapat meningkatkan kapasitas moda transportasi umum di indonesia, meningkatkan pelayanan jasa transportasi umum, dan dapat memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat.

Selain penyerahan bus, pada kesempatan ini juga diserahkan secara simbolis pengadaan dan pemasangan fasilitas perlengkapan jalan berupa Alat Penerangan Jalan (APJ), yang bertujuan untuk meningkatkan keselamatan pengguna jalan dan kenyamanan berkendara.

Menurut Menhub Budi, Pemerintah berkewajiban membangun infrastruktur sebaik mungkin, termasuk infrastruktur jalan, agar masyarakat dapat memanfaatkan dan meningkatkan kesejahteraannya.

“Telah dipasang sebanyak 30 unit di Kabupaten Temanggung. Sedangkan untuk mendukung keselamatan dan kenyamanan kawasan pariwisata di Kabupaten Magelang akan dilakukan pemasangan APJ sebanyak 70 unit, di mana saat ini sedang dilakukan finalisasi survei lapangan,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Magelang Zaenal Arifin mengatakan penyerahan bus bantuan ini diharapkan dapat menambah semangat kerja di jajaran pemerintah daerah, baik di Kabupaten Magelang maupun di Kabupaten Temanggung.

“Semoga pemberian bantuan ini dapat menambah semangat kami untuk terus berkarya. Dan juga pemberian APJ untuk peningkatan sektor wisata semoga bisa meningkatkan semangat kami jajaran pemerintah Kabupaten Magelang maupun Kabupaten Temanggung untuk terus berkarya dalam bidang pariwisata,” ujarnya.

Turut hadir dalam acara ini Bupati Temanggung Bambang Sukarno, Anggota Komisi V DPR RI Sujadi, Plt Dirjen Perhubungan Darat Hindro Surahmat, Kepala BPSDM Perhubungan Djoko Sasono, dan Direktur Angkutan dan Multimoda Ditjen Perhubungan Darat Cucu Mulyana. (JPP/IFN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × 5 =