INFONASIONAL.com | Pemerintah - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap anggaran Inpres Jalan Daerah (IJD) 2023 menghabiskan Rp 14,6 triliun. Untuk tahun ini, pemerintah kata Jokowi, akan menggelontorkan anggaran Rp 15 triliun.

"Terkait dengan Inpres jalan daerah. Kita tau jalan-jalan yang ndak baik sekarang ini semuanya diperbaiki. Di 2023, anggaran yang dihabiskan sebesar Rp14,6 triliun dan tahun ini kita juga akan teruskan dengan angka Rp15 triliun," kata Jokowi dalam keterangan persnya usai meresmikan pelaksanaan Inpres Jalan Daerah (IJD) di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, seperti dilihat di YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (8/3/2024).

Jokowi mengatakan di Jawa Timur sudah dilakukan perbaikan di 33 ruas jalan dengan panjang 275 km. Total anggaran yang dihabiskan yakni Rp 925 miliar.

"Di provinsi Jawa Timur sendiri, yang di 2023 yang kita bangun adalah 33 ruas dengan panjang 275 km dengan anggaran Rp 925 miliar. Hanya untuk Jawa Timur saja. Anggaran yang segitu gede lho Rp 925 miliar itu," ujarnya.

Jokowi memastikan perbaikan jalan nasional akan diteruskan di seluruh provinsi.

"Ini nanti akan dilanjutkan lagi yang di 2024 untuk jalan-jalan yang perlu diperbaiki di Provinsi Jawa Timur dan provinsi-provinsi yang lain," ujarnya.

Dalam kunjungan kerja ini, Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Tampak pula Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono.